Pembangkit Listrik Tenaga Air Sederhana

Pembangkit listrik tenaga air sederhana merupakan sumber daya energi terbarukan yang menggunakan gerakan air untuk memutar turbin air atau roda yang pada gilirannya menghasilkan output mekanik rotasi. Energi potensial air yang bergerak dilepaskan dan cara terbaik untuk menempatkan sejumlah besar air dalam gerakan adalah membiarkan gravitasi melakukan pekerjaan. Maka unsur yang paling penting untuk produksi Hydro Energy bukan air itu sendiri, tetapi gravitasi, karena gravitasi yang membuat air bergerak.

Hydro Energy sebenarnya adalah salah satu jenis yang paling umum dari teknologi energi terbarukan yang digunakan saat ini, dengan alasan yang baik tentunya. Jenis sumber energi alternatif ini, selain menjadi berkelanjutan, terbarukan, hemat biaya, dan ramah lingkungan, juga memiliki potensi untuk memproduksi sebagian besar kebutuhan energi dunia.
Hari ini, energi hidro dalam skala besar memasok sekitar 15% kebutuhan listrik dunia, dengan beberapa negara seperti Selandia Baru bahkan memproduksi lebih dari 70% dari energi listrik yang dibutuhkan negaranya.

Listrik yang beasal dari tenaga air adalah bersih, listrik alami tidak memproduksi karbon dioksida atau emisi berbahaya lainnya dibandingkan dengan bahan bakar dan/ atau gas fosil. Listrik yang dihasilkan oleh air bergerak lebih murah daripada listrik yang dihasilkan oleh bahan bakar fosil. Dalam kebanyakan kasus, aliran alami air lebih dari cukup untuk menghasilkan pasokan listrik yang baik untuk dikonsumsi sendiri atau secara lokal.

Teori energi hidro sangat mirip dengan energi angin tapi bukannya menggunakan angin untuk memutar baling-baling turbin, kita menggunakan aliran air. Sebelumnya turbin air hanya digunakan untuk memompa air atau untuk irigasi lahan, namun karena teknologi ini, kita sekarang dapat menggunakan turbin air untuk menghasilkan listrik dalam bentuk skala kecil pembangkit listrik tenaga air.

Air memutar turbin air atau roda air sehingga mengubah energi kinetik dari pergerakan air menjadi energi mekanik yang dapat digunakan. Ini kemudian berubah menjadi energi listrik melalui penggunaan generator. Jumlah listrik yang dihasilkan ditentukan oleh seberapa jauh air jatuh dan rata-rata volume aliran air. Pembangkit listrik tenaga air kecil bisa sangat efisien dan sangat mudah untuk dibangun, hanya jika ada air mengalir di dekat properti Anda.
Pembangkit listrik tenaga air memiliki satu keuntungan besar sebagai salah satu sumber-sumber energi terbarukan yang Anda patut pertimbangkan sebagai pemasok listrik rumah Anda. Keuntungan utama adalah bahwa Pembangkit listrik ini dengan skala kecil dapat menghasilkan tenaga 24 jam sehari, 7 hari seminggu, tidak seperti Pembangkit listrik lain seperti dari tenaga surya atau angin karena angin tidak selalu bertiup atau matahari tidak selalu bersinar. Tapi selama ada gravitasi, air akan selalu terus mengalir baik siang maupun malam dan lebih cepat air mengalir, lebih banyak energi yang dapat dihasilkan.


Satu keunggulan Puncak Icon yang tidak dimiliki oleh area lain di sekitar atau kebanyakan di wilayah lain adalah, sungai yang mengalir di segala musim di tanahnya. Potensi untuk memiliki pembangkit listrik sendiri dapat dengan sangat mudah diaplikasikan dan menjadi keunggulan yang sangat amat menguntungkan. Hubungi Marketing untuk mendapatkan penawaran terbaik di lokasi yang jarang ada ini.

2 komentar: